Sejarah MUGA

Sejarah SMA Muhammadiyah 3 jakarta

 

SMA Muhammadiyah 3 Jakarta berdiri setelah  5 tahun pendirian SMP Muhammadiyah 8  dibawah naungan yang sama PCM Keb. Baru yang dahulu masih disebut sebagai Perguruan Muhammadiyah. Keberhasilan pendirian SMP Muhammadiyah 8 memacu Pimpinan Cabang  Muhammadiyah Keb. Baru untuk  merintis kembali amal usaha dalam bidang pendidikan dengan didirikanSMA Muhammadiyah 3 Jakarta pada tanggal  11 Maret  1957 dengan harapan lulusan SMP Muhammadiyah 8 dapat meneruskan  ke  SMA Muhammadiyah 3 Jakarta.

Dalam perkembangannya, Muhammadiyah 3 Jakarta terus menerus mengalami kemajuan dan juga  masa surut seiring dengan perkembanngan yang ada dalam masyarakat  hingga kini.Perjuangan yang tidak kenal lelah dari  Pimpinan  Cabang Muhammadiyah  beserta Pimpinan Sekolah untuk memajukan SMA Muhammadiyah 3 Jakarta  secara  terus menerus untuk kemajuannyatidaklah sia sia hingga kini bendera SMA Muhammadiyah 3 Jakarta tetap berkibar dan peserta didiknya terus mencetak prestasi baik dalam bidang akademis dan non akademis.

 

MOTO

"Where The Leader is Born"

Visi

Mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang berakhlakul karimah, berilmu dan berdaya saing global.

Misi

Menghasilkan lulusan yang unggul, disiplin, bekerja keras, jujur, bertanggungjawab, santun, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta bertaqwa kepada Allah SWT, sehingga mampu bersaing secara global.

Tujuan Sekolah

  1. Meningkatkan pemahaman Al Qur’an dan Hadist yang dirangkum dalam kegiatan ISMUBA (Pendidikan Agama Islam, Muhammadiyah, Bahasa Arab).
  2. Melaksanakan Tata Tertib Sekolah yang telah disepakati dan dikembangkan dengan sistem Point.
  3. Melakukan kerjasama dengan Panti Sosial yang berada di lingkungan sekitar untuk program pembinaan Scorsing Peserta Didik; guna memberikan pengalaman real  dalam kehidupan se hari-hari, menambah wawasan dan empati terhadap kondisi di lingkungannya dan meningkatkan kedisiplinan peserta didik.
  4. Pelaksanakan program pendalaman dan TO minimal pelaksanaan 2 kali.
  5. Melakukan pembinaan kepada peserta didik yang mempunyai prestasi, baik akademik / non akademik dan mengikuti   perlombaan baik tingkat  Kota Madya, Propinsi maupun Nasional.
  6. Melaksanakan pembinaan khusus bagi peserta didik yang tergolong lamban dalam menyerap materi pelajaran.
  7. Meningkatkan kecepatan, ketepatan dan efisiensi dalam pelayanan baik kepada setiap warga sekolah maupun masyarakat umum.
  8. Meningkatkan pengembangan ekskul yang diminati oleh peserta didik.
  9. Melaksanakan program peningkatan Profesional Guru dan karyawan
  10. Meningkatkan kelengkapan sarana prasana termasuk media pembelajaran.